FAQ

PERTANYAAN-PERTANYAAN SEPUTAR KERJA DI KAPAL PESIAR

FAQ – Frequently Answer Questions
PENTING !! KAMI HANYA MENERIMA CALON CREW YANG DAPAT BERBAHASA INGGRIS DAN PUNYA PENGALAMAN KERJA DI HOTEL.

Q : Saya Karyawan di Hotel apa bisa langsung berangkat Kerja di kapal Pesiar?

A : Bisa, Dengan Catatan Lulus Interview, Lulus Medical Check Up dan dokumen (Passport,BST,SID,Visa, Seaman Book) Sudah Lengkap serta Biaya Admin dan biaya Ticket Pesawat . serta mendapatkan short Course untuk pemantapan.

Q : Apa perbedaan antara Cruiseline.id dengan Agency atau SubAgen yang lain?

A : Kita Mengutamakan Calon Crew yang telah siap (Bahasa Inggris & Berpengalaman), karena kita tahu Calon crew Yang Siap dan Tidak siap saat Interview Dengan User. Kita tidak ingin Calon Crew yang Siap berangkat harus Mengikuti kegiatan lain yang menghabiskan banyak biaya.

Q : Saya Bukan orang Hotel, Atau lulusan Pariwisata Tapi dapat berbahasa inggris apa bisa ke Kapal Pesiar?

A : Bisa, karena posisi di kapal bukan hanya khusus orang Hotel saja, Ada staf admin, Accounting, Purser, Photographer, Staff Excursion (Pemandu wisata) dll.

Q : Saya Putra/Putri daerah dari luar P.jawa dan kerja hotel / lulusan sekolah pariwisata apabisa melamar langsung Cruiseline.id

A : Bisa, Mengikuti Interview dengan User yang akan di infokan Tanggal nya, dan sebelum Tanggal Tsb Mengikuti Short Course Terlebih Dahulu, kita kan berikan modul FB & HK dan tips dari pertanyaan yang sering di tanyakan User dan jawaban yang baik.

Q : Saya berasal dari luar daerah jakarta, apa ada penginapan, kost, hotel dekat area tsb saat kami mengikuti Short Course.

A : Ada, guest house dengan harga yang sangat terjangkau dan Short Course di adakan Guest House tersebut jadi calon crew tidak keluar banyak Biaya. Dan di training oleh pengajar/tutor dari ex crew kapal Pesiar yang berpengalaman.

Q : Biaya Awal apa saja yang harus di keluarkan saat ingin ikut short course tsb.

A : Biaya Admin Short Course tsb dengan bayar DP.30% setelah Lulus Interview oleh User baru pembayaran admin Full 100% . Note : Short Course hanya utk yang punya Pengalaman Kerja Minimal 1 tahun di hotel..

Q : Bagaimana apabila kita tidak lulus Interview oleh User ?

A : Biaya DP Admin 30% tersebut full di kembalikan, hanya di potong biaya Formulir & Guest House yang terjangkau tsb selama 3 s/d 7 hr short course tsb. Anda bisa mencoba Interview Kembali di lain waktu atau bagi yang belum berpengalaman dapat mengikuti pendidikan Khusus kapal pesiar yang kami sarankan.

Q : Setelah Lulus Interview oleh User, apalagi yang harus di Lakukan?

A : Medical Check up di Rumah sakit yang di tunjuk, Mempersiapkan Document (Passport,BST/Basic Safety Training Certificate, SID ,Seaman Book) Oleh biaya Sendiri.

Q : Setelah Lengkap Dokumen dan Medical Check Up langkah Apalagi yg di lakukan?

A : Menunggu Surat LG (job Letter) dari perusahaan Kapal, setelah dapat Joint Letter Tsb ( Tanggal/bulan Join ) kita dapat mengetahui Negara mana Joint port nya dan Visa langsung di Urus ( Schengen/Europe Visa atau US Visa ).

Q : Berapa lama KONTRAK kerja dikapal Pesiar?

A : Kontrak kerja dikapal pesiar ada yang mendapatkan kontrak kerja 8 s/d 10 bulan bahkan bisa extend (di Perpanjang 1 th ) tergantung perusahaan kapalnya.

Q : Berapa Gaji yang saya terima di kapal pesiar dalam 1 Kontrak?

A : Gaji yang terima sesuai dengan Posisi kerja di kapal, Gaji Mulai 12 Juta s/d 35 Juta/Bulan atau 96 juta s/d 280 juta dalam 1 kontrak (8 bulan). Kurs Rp. 14.000/ 1 Dollar, Untuk Front Line (area depan/Berhubungan dengan Tamu masih Bisa dapat uang Tips tiap Cruise nya.
( 1 Cruise biasanya 1 minggu). Bisa USD.300 – USD 1000 tiap Minggunya.

Q : Apakah tiap Pemberangkatan kontrak Berikutnya kita membayar kembali Seperti di awal?

A : biasanya hanya Biaya admin, Visa dan Medical saja yang di keluarkan, Utk Ticket ada perusahaan kapal yang keluarkan biaya, adapula crew yang membayar, Tiap perusahaan Kapal berbeda2 ketentuan nya. (*syarat & ketentuan berlaku )

Q : Bagaiamana cara memperpanjang kontrak kerja dikapal pesiar?

A : Perpanjang Kontrak kerja dilakukan diatas kapal sebelum sign off / vacation dan mendapatkan Job Letter untuk kontrak kerja berikutnya yang di kirimkan Melalui Agen nya.

Q : Apa saja yang tertera di Job Letter?

A : Yang tertera dalam Job letter terdiri dari Tanggal sign on/Join kapal, nama kapal, lokasi join /home port, posisi, nama crew, crew id number.

Q : Berapa lama kita diberikan istirahat / vacation dirumah/kembali ke tanah air ?

A : lama sign off/ vacation / Libur 2 sampai 3 bulan

Q : Ada berapa perusahaan kapal yang selalu menerima crew dan jumlah kapal nya ?

A : Ada sekitar 30-36 perusahaan kapal Pesiar, di mana tiap perusahaan ada 2 s/d 14 kapal pesiar besar mulai dari 1500 passenger sampai 5000 passenger (penumpang) di mana tiap kapal ada sekitar 500 s/d 2000 crew kapal. Yang berarti sangat membutuhkan banyak tenaga/crew baru yang siap untuk bekerja di kapal Pesiar.

Q : Bagaimana sistem kontrak kerjanya?

A : sistem kontrak dilakukan dengan Continous contract/berkelanjutan dengan syarat kompetensi yang diberlakukan perusahaan(disiplin, kualitas kerja, kemampuan dalam menyelesaikan tugas, dalam kondisi kesehatan yang memenuhi standar perusahaan.

Q : Apakah selama bekerja dikapal pesiar berkesempatan menjadi karyawan tetap?

A : Kesempatan Selalu ada, peluang Jadi karyawan tetap juga ada.

Q : Kondisi atau suatu hal apa yang bisa menyebabkan crew di diskualifikasi kontraknya?

A : jika karyawan tersebut selama bekerja melakukan hal sebagai berikut, antara lain ; Narkoba/drug/kandungan alkohol didalam darah yang melebihi 2%, Mencuri, Berkelahi, Pelecehan seksual, Gagal dalam memberikan pelayanan sesuai standar perusahaan kepada tamu, Tidak disiplin dalam bekerja, Tidak mengikuti standard USPH (United State Public Health) dan USCG ( United States Coast Guard ) Melanggar rules and regulation perusahaan.

Q : Apakah bisa sholat selama dikapal pesiar bagi yang muslim?

A : Bisa. Pintar-pintar saja bagi waktu. Bahkan shalat Ied di berikan Area Shalat Bagi Yang Muslim.

Q : Bagaimana crew bisa keluar kapal, wisata-melancong di pelabuhan yang disinggahi?

A : Dalam status off duty /selesai ataupun sebelum kerja crew bisa mengunjungi pelabuhan yang disinggahi dengan menggunakan crew ID dan I 95 untuk US Port dan kembali kekapal satu jam sebelum kapal berangkat/berlabuh. (*syarat & ketentuan berlaku )

Q : Saya takut mabuk laut. Bagaimana mengantisipasinya?

Kapal Pesiar Gross Ton rata-rata di atas 100.000 Ton, Ombak Besar Pun tidak terasa Guncangan, apabila mabuk bisa Minum Seasickness pill, teh hangat, dan cari udara segar.

Q : Apa keuntungan jka Anda bekerja dikapal pesiar?

A : Bisa mendapatkan gaji dengan standar international(USD & EURO) Mulai dari 12 s/d 35 Juta perBulan, Dapat menabung untuk masa depan (Rumah, Tanah, Mobil ) serta Memiliki kesempatan untuk mengunjungi tempat tempat yang menarik diseluruh dunia atau keliling dunia . Memiliki pengalaman bekerja di Floating Hotel International yang nantinya bisa menjadi bekal membangun karir di tanah air baik dihotel maupun usaha sendiri.

Q : Selama bekerja di kapal apa dapat Seragam / Uniform tidak?

A : setiap crew akan mendapatkan seragam sesuai dengan posisinya masing-masing.

Q : Berapa kali dalam satu tahun diadakan proses perekruitan crew kapal pesiar?

A : Rata-rata dalam satu tahun tiap perusahaan mengadakan perekrutan calon crew sekitar 4 sampai 6 kali.

Q : Bagaimana cara gajiannya?

A : Tiap Perusahaan Kapal Pesiar berbeda ada Setiap 2 minggu sekali (cash) ada Tiap Bulan ( 4 Minggu )

Q : Bagaimana cara mengirim uang?

A : Lewat Moneygram / Western Union/Transfer antar Bank atau Titip Rekan Yang Pulang vacation ke Negara atau daerah yang sama (sekampung)

Q : Kapan kita membuat surat-surat/document?

A : Kalau sudah Interview & diterima User atau lebih Baik Passpor lebih dulu di Miliki.

Q : Pada saat membuat dokumen dipandu tidak?

A : Semua akan di Info update dan dipandu

Q : Berapa lama kita akan berangkat setelah diterima user?

A : Menunggu Antara 2 s/d 8 bulan jadi ada waktu buat dokumen atau nabung bisa buat beli ticket.

Q : Fasilitas apa yg kita dapat dikapal?

A : Makan, minum, seragam, kamar tidur, Crew Gym, Crew Bar dan fasilitas lain Gratis. Apabila ingin belanja di duty free shop kapal, cukup gesek Crew ID card yg akan di Potong saat terima gaji.

Q : Apakah ada asuransi selama bekerja dikapal pesiar?

A : Setiap crew di cover-dijamin dengan asuransi oleh perusahaan kapal pesiar, dengan nominal akan berbeda-beda mengikuti standar asuransi yang telah ditetapkan.

Q : Bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan keluarga selama bekerja di kapal pesiar?

A : Lewat telpon, HP/Video Call, internet, Video Skype dsb.

Q : Bagaimana cara menelepon dari kapal?

A : Beli SIM disana / beli kartu telpon didarat / beli kartu telepon dikapal.

Q : Apakah boleh merokok dikapal?

A : Boleh. Ditempat-tempat yg ditentukan, Crew Area, Crew Bar, Smooking Area

Q : Berapa lama kapal di laut?

A : Paling lama 1- 2 hari sudah di Negara Berikutnya, Hanya World Cruise Lewati /crossing Samudera Atlantik sekitar 2 Minggu.

Q : Apakah kita bisa jalan-jalan keluar jika didarat?

A : Bisa setiap saat. Akan dibagi sesuai jam kerja,bisa kunjungi obyek2 wisata seluruh dunia.

Q : Berapa lama kapal bersandar?

A : Tergantung Obyek wisata, biasanya 1 atau 2 hari, Pagi sampai Sore Berangkat lagi ke Negara yang lain.

Q : Apakah bisa naik jabatan atau pindah posisi?

A : Bisa, Berdasarkan Penilaian Company, Atasan dan Loyalitas pada Perusahaan.

Q : Apakah tersedia nasi atau makanan Indonesia?

A : Tersedia Nasi, tapi tidak tersedia makanan khas Indonesia.

Q : Berapa orang Crew dalam satu kamar?

A : Tergantung Kapalnya ada 2 dan 4 org dalam 1 kamar. Banyaknya 2 org, khusus Officer 1 orang dalam 1 kamar. .

Q : Berapa Gaji perbulan atau ada tambahan pendapatan Lain di kapal ?

A : untuk pemula gaji dasar yang didapatkan senilai 12Jt an.- 30 jt an/Bln dan dengan tergantung pada level posisi. Masih ada tambahan tips tamu seperti Embarkation Guest Lugage, Cabin Helper dll.

Q : Apa yang harus dibawa dari Indonesia?

A : Perlengkapan mandi, Vitamin dan kebutuhan pribadi (Kaos,celana,sepatu dll)

Q : Sampai usia berapa kita bisa bekerja dikapal?

A : Hasil Medical Check Up & Sampai dokter menyatakan tidak fit lagi kerja dikapal

Q : Bagaimana kalau kita sakit?

A : Disediakan infirmary/Klinik ( Dokter & Obat2an) 24 Jam dikapal pesiar.

Q : Jika ada kepentingan mendadak dan emergency, apakah bisa pulang nggak?

A : Bisa, dan menunjukan bukti emergency dan di bantu pihak Kapal.

Q : Setelah keadaan emergency terlewati apakah crew bisa kembali bekerja dikapal lagi?

A : Bisa, dengan memberikan bukti yang cukup dan melapor ke agen atau perusahaan dan menunggu Schedule berangkat berikutnya.

Q : Bagaimana kalau mau berhenti kerja dikapal?

A : Cukup bilang tidak berangkat, dan lapor ke agen yang memberangkatkan.

Q : Kapan Cruiseline.id buka pendaftaran ?

A : Setiap hari dan Akselerasi Class Tiap Minggu

Q : Jam belajarnya bagaimana?

A : 2-3 Jam Per hari Conversation dan Pendalaman Materi ( Hotel Experience FB & HK) & Video Aktifitas crew di kapal.

Q : Berapa Biayanya pelatihan ?

A : Sudah Termasuk di Biaya Admin.

Q : Apakah disediakan tempat kost selama pelatihan?

A : Ada dan untuk calon peserta luar kota & Di kenakan Biaya Terjangkau sekitar 150rb/hari sdh termasuk Sarapan..

Q : Bagaimana Seragam yang di kenakan saat Acceleration Class?

A : Kemeja putih lengan panjang, Celana hitam, Sepatu hitam

Q : Bagaimana kalau tidak bisa ngomong Inggris?

A : kami hanya menerima Calon crew yang bisa bahasa inggris walau minim dan pengalaman di horeca ( Hotel, restaurant, Café ) sebelumya, Akan kita latih sampai bisa dan lancar saat interview dengan User langsung.

Q : Kalau melamar pakai tes?

A : Ya.saat melamar melalui proses Interview dan tertulis (Marlin Test) https://www.marlinstests.com/ minimum result 60 s/d 70.

Q : Apa saja materi pelajarannya?

A : Bhs Inggris 80%, 10% Ship Info and Safety, 10% Konowledge and skill.

Q : Bagaimana kalau tidak lulus Interview?

A : Biaya admin di kembalikan hanya di potong biaya kost/akomodasi, dan Bisa mengulang lagi saat Siap.

NOTE :

(*syarat & ketentuan berlaku)
Biaya Estimasi all in (Admin, document, Medical, Flight Ticket ) Sampai saat ini (2018)
Area Asia : 20-22 jt
Area Eropa 25-27 Jt
Area USA 27-30 jt
Sekali lagi ini hanyalah estimasi biaya pemberangkatan perlengkapan dokumen (pasport, visa, Flight Ticket, medical checkup, vaksin, BST, seaman book, SAT dan lain-lain setelah dinyatakan diterima ). Perbedaan Biaya karena Perbedaan Biaya Flight Ticket Tujuan dan Visa tiap Negara berbeda-beda.

Biaya tersebut di awal di keluarkan, cukup 1-2 bulan kerja sudah kembali Modal awal pemberangkatan. Kontrak kerja berikutnya cukup biaya admin, visa dan medical test saja di beberapa Kapal tertentu tidak lebih dari 5jt. (*syarat & ketentuan berlaku)

Selamat Bergabung di Cruiseline.id