Document

SYARAT-SYARAT & KETENTUAN DOKUMEN

Syarat dan Cara Membuat Buku Pelaut :

  1. Surat pernyataan belum pernah memiliki buku pelaut.
  2. Fotokopi sertifikat keahlian pelaut dan atau sertifikat keterampilan pelaut, surat keterangan PRALA bagi TARUNA/I yang akan melaksanakan Praktik Kerja Laut.
  3. Surat keterangan masa berlayar yang diketahui syahbandar atau KBRI setempat bagi pelaut yang pernah berlayar.
  4. Surat keterangan kesehatan dari dokter rumah sakit yang direkomendasi.
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
  6. Fotokopi AKTE KELAHIRAN atau Surat Kenal Lahir atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  7. Pas foto ukuran 5x5 dan 3x4 masing-masing sebanyak 3 lembar, memakai baju putih polos lengan panjang berdasi hitam dengan latar belakang BIRU untuk bagian NAUTIKA (dek) dan MERAH untuk bagian TEKNIKA (mesin).
  8. Surat keterangan kehilangan dari kepolisian atau foto kopi laporan kecelakaan kapal.
  9. Buku Pelaut Lama (asli) (bagi yang ingin memperpanjang buku pelaut).

Estimasi Biaya Rp. 100.000,- Buat sendiri

*Harga sewaktu-waktu ada perubahan

 

Syarat Pembuatan Paspor

  1. E-KTP asli dan fotokopi
  2. Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis asli dan fotokopi (cukup pilih salah satu dokumen yang di dalamnya terdapat informasi nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua).
  3. Kartu keluarga asli dan fotokopi
  4. Materai

Sumber : www.imigrasi.go.id

 

Pembuatan Paspor secara Manual :

  1. Datanglah ke kantor imigrasi setempat yang ada di wilayah kabupaten atau kota tempatmu tinggal. Usahakan datang pagi hari sebelum pukul 12.00, sebab jumlah pemohon hanya dibatasi 200 orang setiap harinya.
  2. Jangan lupa untuk bawa seluruh dokumen yang sudah dipersiapkan ya.
  3. Setelah sampai, isi formulir permohonan paspor yang tersedia di loket permohonan paspor kantor imigrasi. Pastikan mengisi data sesuai dengan informasi yang ada di dokumen resmi.
  4. Jika sudah selesai, kamu bisa menyerahkan formulir tersebut ke loket untuk pembuatan paspor baru untuk mendapatkan bukti tanda terima serta jadwal pengambilan sidik jari dan foto.
  5. Setelah melalui proses pengambilan sidik jari dan foto, tahap yang harus kamu lewati adalah tahap wawancara. Wawancara ini dilakukan untuk memverifikasi dokumen asli dengan keterangan yang ditulis di formulir pembuatan paspor.
  6. Kalau semua tahapan ini telah selesai kamu lalui, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Jika sudah, kamu akan mendapatkan informasi kapan paspor akan selesai dan bisa diambil.

Estimasi biaya Rp.300.000,- kalau buat sendiri

*Harga sewaktu-waktu ada perubahan

 

 

Pembuatan Paspor Secara Online :

Untuk kamu yang ingin menghindari antrian panjang saat membuat paspor, sebaiknya lakukan langkah secara online yang lebih praktis dibandingkan dengan cara manual.

  1. Unduh aplikasi Antrian Paspor Online resmi di (google play)
  2. Daftarkan diri kamu dengan mengisi identitas lengkap yang tertera dalam antrian paspor. Setelah daftar, akun kamu akan diverifikasi melalui email.
  3. Login kembali setelah akun terverifikasi.
  4. Pilih kantor imigrasi terdekat dengan tempat tinggalmu.
  5. Lengkapi data permohonan antre paspor. Data tersebut meliputi tanggal rencana pengurusan paspor.
  6. Cek kembali jadwal antre yang kamu ajukan apakah sudah disetujui atau belum.
  7. Jika sudah disetujui, langkah selanjutnya adalah datang ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal. Tunjukan barcode saat datang ke sana untuk mendapatkan bukticetak nomor urut panggilan.
  8. Tunggu hingga mendapatkan panggilan, lalu serahkan berkas pengurusan paspor dan melakukan pembayaran. Tunggu hingga semua proses berhasil dilakukan.

Sayangnya aplikasi ini hanya bisa digunakan oleh ponsel Android dengan sistem operasi minimal 4.2 (Jelly Bean) dan di atasnya.

 

 

Persyaratan Pembuatan Sertifikat BST & SCRB

 A. BASIC SAFETY TRAINING (BST)

  1. Umur minimal 18 tahun
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Fotocopy Ijazah akademis terakhir, minimal SMP / sederajat dengan menunjukan aslinya (1 lemabar)
  4. Fotocopy akte kelahiran dengan menunjukan aslinya (1 lembar)
  5. Fotocopy KTP (1 lembar)
  6. Surat keterangan sehat dari Dokter (asli)
  7. Fotocopy Ijazah fropesi (ANT-D/ATT-D s/d ANT-I/ATT-I, jika sudah pernah mengikuti diklat profesi kelautan, dengan menunjukan aslinya (1 lembar)
  8. Membayar lunas biaya pelatihan di loket.

Estimasi biaya : Rp.1.700.000,- ( 7 hari )

*Harga sewaktu-waktu ada perubahan

 

 

B. SURVIVAL CRAFT AND RESCUE BOAT (SCRB)

  1. Mengisi formulir pendaftaran
  2. Fotocopy sertifikat BST yang masih berlaku (1 lembar)
  3. Fotocopy Ijazah akademis terakhir, minimal SMP/sederajat dengan menunjukan aslinya ( 1 lembar)
  4. Fotocopy KTP (1 lembar)
  5. Surat keterangan dari Dokter (asli)
  6. Fotocopy ijazah profesi (NT-D / ATT-D s/d ANT-I / ATT-I) jika sudah pernah mengikuti diklat profesi kelautan, dengan menunjukan aslinya ( 1 lembar)
  7. membayar lunas biaya pelatihan di loket

Estimasi Biaya : Rp. 900.000,- (3 hari)

*Harga sewaktu-waktu ada perubahan

 

 

SYARAT SEAFARERS IDENTITY DOCUMENT (SID)

Waktu Proses : 1 (Satu) Hari kerja

Persyaratan :

  1. Terdaftar di website pelaut (dibuktikan dengan print out internet);
  2. Foto pemohon sudah on line di website pelaut;
  3. SKCK dari Kepolisian (Polres dengan tercantum rekam sidik jari);
  4. Paspor asli dan salinan;
  5. Sertifikat keahlian/keterampilan asli dan salinan;
  6. Surat pengantar dari perusahaan.

Estimasi Biaya Rp 350.000,00 ……(2018)

Sumber : www.dephub.go.id