Crew Story

Mari Kita simak kerja di kapal pesiar itu seperti apa. Kita coba jelasin sedikit tentang Kerja dan kehidupan di Kapal Pesiar mengingat semakin banyaknya kebutuhan pekerja/crew untuk di kapal pesiar, satu sisi orang berbicara tentang gaji besar dan dapat pengalaman keliling dunia dan satu sisi memang untuk kerja di kapal pesiar memang butuh modal di awal yang cukup lumayan besar, tapi tenang saja biaya-biaya tersebut dalam 1 s/d 2 bulan kerja di kapal sudah balik modal lagi. Berharap bagi yang baca bisa share dengan teman2nya yang punya rencana mau kerja di kapal pesiar. (www.cruiseline.id).

 

Ini hanya informasi tentang pengalaman sebelum dan selama perjalanan untuk menuju/kerja di kapal pesiar berdasarkan pengalaman2 kami, terus terang kami sangat iba banyak sekali teman2, adik-adik yang sudah tertipu oleh agen-agen yang tidak bertanggung jawab, ada agen langsung, bahkan ada lembaga pendidikan yang telah mendidik dengan biaya tinggi mulai 10 s/d 20 juta tapi belum berangkat juga.

 

Ada beberapa yang beranggapan dengan pendidikan puluhan juta tersebut selama 6 bulan s/d 1 th tersebut di jamin kerja di kapal pesiar dan sudah ngk bayar apa-apa lagi, Itu salah banget, antara sekolah dan akademi beda dengan Agency kapal pesiar. Anda sekolah dengan biaya tsb ya hanya untuk sekolahnya saja. Beda dengan agency anda bayar untuk document2, medical, visa, dan ticket pesawat .

 

Banyak yang sekolah dan akademi dengan berbagai janji dan iming-iming itu hak sekolah, setelah lulus pendidikan dan tidak di terima di kapal pesiar juga sangat banyak, biasanya yang tidak jalan/lulus kapal pesiar bilang ketipu di agen kapal pesiar, padahal orang tsb ngk lulus interview oleh user/test marlin test atau medical test. Tetapi memang ada banyak orang yg ketipu baik sebelum berangkat oleh Agen-Agen yang tidak bertanggung jawab. Terutama di sekitar pelabuhan. So dengan mengenal dunia Kapal sebelum berangkat jadi mengurangi tindakan penipuan.

 

Mari Berbagi ilmu kerja di kapal pesiar biar saling melindungi. Jadi kalau ada yang mau berangkat biar lebih matang.

 

 

 

 

Check…..Sebelum Berangkat.

 

Beriku lowongan kerja di kapal pesiar yang sangat banyak dan rutin di butuhkan : biasanya terbagi dalam beberapa kategori :

A. Restaurant Team :

  1. Waiter
  2. Asisten Waiter
  3. Snack Steward atau Buffet Attendant
  4. Room Service Attendant

 

B. Housekeeping

  1. Stateroom Steward/ess (dulu cabin steward)
  2. Assistent Stateroom Steward/ess
  3. HK. Cleaner/Public Area Attd, Crew Cleaner

 

C. Kitchen

  1. First Cook
  2. Second Cook
  3. Cook Helper / Cook Trainee
  4. Pastry Trainee dll.
  5. Galley Cleaner /Utility / Diswasher

 

D. Bar

  1. Bartender
  2. Bar Utility / Bar boy
  3. Bar Waiter/ess

 

E. Deck

  1. Officer (first, second, third)
  2. Engeineering, electric dll
  3. Bosun, Plumber dll.
  4. Wiper, Able boy, carpenter dll

 

A,B,C & D  yang sangat banyak kebutuhannya mulai dari 10 s/d  30 orang tiap keberangkatan nya, tapi tetap standard minimumnya seperti ini :

  1. Bisa Berbahasa Inggris, Apalagi Tiap hari ketemu orang berbahasa Inggris.
  2. Minimum Pernah bekerja di Hotel bintang 4-5 selama minimal 1 tahun
  3. Memiliki sertifikasi kecapakan bidang kelautan (info dibawah)
  4. Lulus Test Marlin Test & General Medical Check Up.

 

Crew yang lulus seleksi harus punya sertifikasi pelaut yaitu :

Pasport yang sudah di endors di kantor syahbandar. Biaya : variasi masing2 daerah biasanya kl urus sendiri si paling 300-400 ribu kl pake jasa calo bisa 600 an

 

Seamen Book ( buku pelaut ) Estimasi Biaya : urus sendiri 250 ribu kalau lewat calo/agen bis 400-500an

 

BST (Basic Safety Trainning) sertifikasi kecakapan kita tentang kapal. kita akan belajar tentang kapal, keadaan emergency, cara nurunin skoci, liferaft dll. Biaya : 1,7 juta. Nah jangan sekali sekali agan nembak alias beli BST tapi ga ikut trainning beresiko tinggi. kenapa, nanti pas di kapal ditanya sesuatu ama safety officer trus kita ga bisa jawab bisa dipulangin. trus itu sertifikat di issued ama IMO (International Maritime Organization) ada kode di sertifikatnya yang bisa dibuka dimana aja melalui internet kl yg palsu pasti langsung ketauan, so ikut aja trainningnya cuma 1 Minggu.

 

SCRB (Safety Craft and Resque Boat). Hampir sama kayak BST cuma sedikit lebih advance materi trainningnya lebih ke survival. Inti latihannya adalah kita tau kalau kapal tenggelam harus ngapain, ga hanya tenggelam kalau kapal dalam keadaan bahaya kita tau harus kemana dan ngapain bukannya panic estimasi Biaya 1 jt an. sama kayak BST jgn sekali sekali nembak, bahaya. Trainning 1 minggu

 

CCM (Crowd Crisis Management system). Juga sama tapi lebih banyak ke penanganan ke penumpang, bayangin di kapal passanger 3000 orang terjadi hal emergency pasti pada panik. latihan ini ditujukan agar mampu mengendalikan masa.biaya : 1 jtan, sama jangan nembak. training 1 minggu. Kadang dapat pendidikan saat di kapal.

 

Yellow Fever. Ini kayak imunisasi biar ga kena penyakit. biasanya buat kapal2 yang ke Afrika. Biaya : 400 ribu. Ingat ini sekali disuntik maka tidak boleh disuntik lagi sampai 10 tahun kalau nggak bisa lumpuh.

 

Sebagian besar sih 6 itu aja sekalipun masi ada lagi spt AFF (advance fire fighting) dll. kalau ente apply buat deck maka makin lengkap lah sertifikatnya, tapi yang pasti tiap kapal beda-beda ketentuannya, ada yang hanya ( Passport,BST,Seaman Book dan Visa ) sudah siap berangkat, Ikuti apa kata Perusahaan/Agency saja yang di butuhkan.

 

so kalau lu ngurus sendiri kira kira estimasi biaya segini :

pasport : 300.000

seamen : 150.000

SID : 350.000

bst : 1.700.000

plus scrb : 800.000

plus ccm : 1.300.000

yellow F : 400.000

total : Rp 5.000.000

(Ingat ngk semua perusahaan Harus lengkap, terkadang hanya Passport, seaman, bst, yg lainnya pendidikan di atas kapal)

 

 

AYO……(BERANGKAT)

Oke yang sudah ikut short course/kelas akselerasi EIC (English improvement Class ) di cruiseline.id dan lulus interview oleh user, medical test lulus dan siap berangkat.

 

Jangan lupa bawa mie instant, cabe/saos sachetan, kecap manis/asin, abon obat2an tolak angin, pilkita (pegal2) dan vitamin, khusus makanan kadang makanan di kapal awal tiba gak cocok belum lagi belum bisa bedain sosis sapi atau pork atau beacon menunya.

 

Saran kalau berangkat bawa uang paling ga usd 100 buat jaga2 buat makan saat transit atau kartu telpon. Jangan sampai dapat transit beda airport seperti pengalaman dulu, dari bandara heatrow ke Gatwick airport yang jauh naik bus lagi 1 jam lebih. biasanya ntar juga dibreifing agent sebelum jalan bagi yang belum pengalaman.

 

Catat!!! buat yg pertama ke luar negeri. jangan takut dan bingung kalau tiba di airport international yg belum pernah kita kunjungin karena, kalau boleh jujur berterus terang lebih membingungkan airport di sini, ketimbang di negara lain.

 

Di negara lain semua tanda dan informasi jelas pasti ngk tersesat/nyasar, dont't worry. ini yang kaitannya kalau transit. misal Jakarta- dubai- florida- new york.Yang ane mau tekankan disini gini :

 

Make sure itu flight kita conjunction ticket artinya bagasi kita yang kita masukkan di jakarta maka akan kita ambil di tujuan akhir bukan di tiap tiap transit kita harus pick up dan waktu check in harus di kasi lagi. biasanya agent udah arrange flight kita itu langung di airport tujuan. but ensure lagi waktu di counter check in di jkt ( pastikan minta bagasi kita sampai di airport terakhir tujuan crew) biar bagasi aman. Karena banyak kejadian bagasi tinggal di negara A trus crew nya di negara B. luggage kita sampai 1 minggu stelahnya kan report, kapal kita sudah jalan.

 

 

Ketika sampai di kapal.

- Serahkan Medical Chec k Up

- Dapat Kunci kamar, Masukkin Tas/luggage

- Ambil Uniform / Seragam Kerja

- Ke Head department

- Ship Introduction oleh SPV

- Kerja (sesuai duty Hour )

- Training drill selama 1 minggu di awal. (1-2 jam tiap hari)

Check Nama di Safety Board 2 minggu Pertama utk Kegiatan Safety Drill Bisa di Pulangkan apabila tidak ikut Safety Drill.

 

Khusus crew yang baru tiba harus Sabar 1-2 minggu di awal karena selain penyesuaian cuaca/jetlag, penyesuaian makanan, Jam kerja, kita juga masih dapat tambahan ship introduction/Training 1-2 jam dari safety officer di luar jam kerja, yang harusnya bisa buat istirahat 1-2 jam tersebut, tapi …ingat sabar Cuma 1-2 minggu di awal saja. Mental seorang pekerja kapal itu di Uji di 10 hari pertama saja, rasanya pingin nangis, curhat bingung ke siapa, telp jg blm tahu cara nya dll, nikmati dan lewati saja 10 hari pertama, hari berikutnya anda sudah terbiasa.

 

Saat tiba di Negara tujuan/joint port, Umumnya kita dikasih satu hari nginap di hotel sebelum besoknya kapal datang dan kita join.

 

Ini Cuma share lagi berdasarkan pengalaman pribadi, DI kapal akan ada 4 mayoritas crew nation :

1.Indonesia

2.Philipina

3.India

4Latinos (Peru,Jamaika,Honduras dll)

Mereka punya karakter yang berbeda jadi harus sedikit bersabar dengan berteman dengan orang yang berbeda Negara tsb.

 

Mulai Kerja di kapal

Kerja di kapal kurang lebih sama kayak di darat tapi lebih rumit/ngejelimet,...disini biar untuk membantu teman2 saya mengklasifikasikan pekerjaan di kapal itu kedalam 3 jenis.

1. Fix Job ( FJ ) : kerjaan yang udah pasti ente kerjain tiap hari, ituuu ituuuu aja kerjaanya dari ente datang ampe ente pulang.

2. Variabel Job ( VJ ): kerjaan yang dilakuin mingguan atau bulanan atau karena ada insidensial.

3. Project Job( PJ ) : kerjaan kalau tamu lagi lunch out atau dinner out atau kapal lagi dry dock, intinya kerjaan yang hanya bisa dilakukan waktu tidak ada tamu sama sekali di kapal

 

Kalau anda:

1. Buffet Runner/ Snack Steward

FJ : prepare buffet, polish cutleries glass bowl plate dll. lap meja, clean up table lunch ama breakfast, taking order

VJ : cleaning carpet, aksesoris ruangan, cleaning machine, inventory dll

PJ : ganti karpet, ganti meja dll.

 

2. Kitchen (galley/ steward)

FJ : jadi dishwasher yaitu tukang cuci piring, pake mesin, ada namanya thrower orang yg masukkin piring ke mesin ada receiver orang yg nerima piring di belakang mesin setelah bersih, ada namanya trolly men orang yg ngambil piring dari receiver buat di letakkin di restaurant. ada night cleaner bersihin grill, walling, ceilling, mopping dll. ada pot washer kerjanya nyuci peralatan dapur kayak panci, pan, sendok masak, pot, dll. pill potato, pill carrot, pill yang lain, grill, deep fryer, cooking, cutting, dll

VJ : General Cleaning,....siap siap cape karena di cek sana sini ama kitchen steward nya.

PJ : dry dock, USPH perihal USPH akan aku jelasin nanti bersamaan dengan HACCP.

 

3. Housekeeping

FJ : bersihin swiming pool, dusting public area, making bed, bersihin toilet, vacum, change linen dll

vJ : deep cleaning pool, bersihin curtain, deep cleaning walling, inventory dll

PJ : ganti bed, bed cover, carpet dll

 

4. Bar

FJ : pick up liqour bir dll dari store, display, offer bir, taking order, entertain tamu, bersihin gelas pake glass washing machine, clean up table, mixing, jugling if necesary, dll dll

VJ : inventory, deep cleaning,

PJ : clean up beer machine, ganti spare part mesin2 bir dll.

 

Jenis Job yang ditulis di atas saya mix kerjaan dari level terrendah ampe yang paling tinggi krn kalau one by one terlalu panjang.

 

 

working hours (Jam kerja )

Contoh  :

snack steward

breakfast open 7 am. so ente jam 6 paling ga udah prepare

closing 11. beres beres setengah jam paling ga. hanbis tu biasanya break

 

lunch open 01 pm. so ente biasanya udah prepare jam 12.30.

closing 2.30 . beres2 selesai itu break

 

tea time 04 pm. 03.30 udah prepare tea cofee , cookies dll

selesai itu cleaning bufee ampe jam 9 malam setelah itu break.

 

(buffe runner basicly incharge di b'fast ama lunch)

 

AW (Assistant Waiter) biasanya lunch ama dinner

Waiter biasanya dinner ama b'fast.

First seating (7 PM), AW setup table sebelum itu kadang jam 4 atau 5

Waiter taking order,. AW info ke kitchen, appetizer jalan,  Appetizer done, masuk soup atau salad, kelar masuk main course sambil pour wine, kelar main course masuk dessert ,setelah itu eng ing eng......kadang dapat tips emoticon-Smilie

cipika cipiki ama tamu. Tapi end of cruise bisa dapat USD 50-100 per tamu. Jumlahkan hitung sendiri….ya.

(sepertinya simple tapi aslinya kerjanya kepala di kaki kaki di kepala)

Second seating…….sama aja bro

 

Housekeeping

cabin steward biasa udah stand by sebelum jam 6 siapkan trolley lalu sarapan sebentar. krn tamu b'fast pagi nyuri start make up room sebanyak mungkin sebelum tamu kelar b'fast ambil barang mau pergi tour. Kebayang kan 1 cabin steward itu bisa pegang 18 s/d 22 kamar. Kebayangkan tiap end cruise setiap minggu 1 kamar kasih tips 50 s/d 100 dolar di luar gaji kita x 4 minggu.

tamu pergi keluar tour,  kerja cepat di kamar, making bed, dusting, bathroom, dll

yang kasus kalau at sea alias ga ada tour kapal di laut selama beberapa hari. bingung deh lu mau bersihin kamar. ini tantangan alami sendiri.

buat yang pool attendant, sebagian besar kerjaan pasti bersih bersih dan bersih bersih. bersihin pinggiran swiming pool biar ga licin, bersihin public toilet, refill tisuue dll. Housekeeping cleaner keliling check toilet umum dan ashtray rokok tiap deck.

 

 

Bar

Nah dari semua crew ini posisi yang paling enak, cleaning an nya dikit, kalau ada inspeksi yg di cek cuma dikit, kerjanya nawarin beer, liqour, ada yg pake target juga, tapi jam kerjanya ampe malam, namanya bar ya tutupnya pasti larut,...bikin moctail atau cocktail buat bartender, menurutku kerjaan yg agak berat bagi orang bar kalau ente disuruh serve champagne, kan biasanya pake champagne glass ampe berpuluh biji, nah trus raft sea alias kapal goyang karena ombak, siap siap deh.

 

contoh diatas asumsi kapal passenger 3000 passenger kerja di lantai 9 lido (bufee). Tentu ada perbedaan dengan kapal lain

 

 

Salary

Berdasarkan pakta apa gitu lupa, Upah Minimum pelaut untuk bangsa eropa itu EUR 2000-3000 (pelaut), dan untuk orang asia setengahnya , So untuk entry level kayak :

buffe runner, attendant, steward, bar boy rata rata salary itu USD 800 sampe USD 1000/month. Ada gaji pokok USD 700, tapi plus side job bisa up to USD/Euro 800 - 1000,. tergantung lah, pintar2 bagi waktu ama bakat. Apalagi kalau embarkation day ketok pintu antar luggage/koper aja kadang 2 s/d 10 Dollar di kasih tamu

kalau assiten waiter, waiter, cabin steward, second cook bisa up to USD 1500 - USD 2000/month

TIap kapal beda tapi kurang lebih segitu.

 

Side JOb

Side job di kapal bisa kita lakuin tergantung posisi kita, krn kaitannya waktu ama tenaga. Ini contoh-contoh side job yang ada :

 

  1. Bantuin Cabin Steward make-up room waktu embarkasi. ente bisa vacum atau cleaning bath room, making bed, dusting dll. Bisa 50 - 100 euro saat embarkasi, tergantung kerjanya . yg bayar anak cabin stewardnyanya. Kadang kalau ada cabin steward cewek berat kerja make up room 22 kamar setiap hari, bisa dapat harian juga 10-15 euro 1- 2 jam kerja.
  2. Loading, bantuin nge loading barang2 waktu embarkasi. per jam biasanya 10 -15 Dollar/ euro, yg bayar perusahaan. Berdoa aja dapat jadwal luggage seminggu 4 x (2x naikin 2 x turunin tas). Hitung …sendiri ya.
  3. gantiin anak waiter waktu tea time, tea time biasanya waiter incharge, tp berhubung krn mereka yang kena sawer tip jadi pada males tea time, biasanya minta diganttin ama assistent atau snack steward. yang bayar waiternya.
  4. Barber/potong rambut, kalo pandai mangkas, ini lahan duit buat anda yang bisa potong rambut, sekali potong rambut crew 5-10 dollar dapat, tiap malam 2 orang aja potong rambut lumayan kan sebulan.
  5. Masak Indomie, jualan indomie rebus pake telor, ini biasanya kerjaan anak-anak third cook, pake telpon lo antar cabin. asal jangan ketauan aja hehehehe.
  6. Jualan Kartu Telp, jasa download Video, download MP3 dll. ini juga side job . ingat ini kapal segala sesuatu kalu ga dollar ya euro. ane sekali ngisi mp3 ke gadget anak2 latin 5 euro, video euro 10. bikin sistem sendiri lah, pandai2. makanya bawa external hardisk sebelum berangkat ama latop.
  7. Anak restaurant ama bar biasanya dapat sisa wine atau liqour dari tamu, di kumpulin trus di jual ke crew yang drunken muster, ada aja tu yang mau.
  8. Jasa laundry in pakaian Teman yang kerjanya sibuk banget, sampai ngk sempat Nyuci baju pribadinya di laundry. Kalau seragam orang laundry yang cuci kan.

 

 

INGAT…INGAT.. YA!

 

- Karena gajian cash so harus extra hati-hati, pastikan agan dapat locker yang bisa di kunci, kl lemari kamar rusak minta ama crew purser, kl dibilang nanti, simpan uang di tempat yg aman, titip di purser atau capelano (Pendeta) atau apa lah,.kl yakin aman simpan di travel bag n kunci.

 

- Bukan ngajarin pelit tapi kalau ada yang pinjam duit hati-hati...baik itu teman sebangsa indo apa lagi bangsa lain. Be Wise Be Wise dan Be WIse. Apa lagi crew cewek bule pura2 miskin minjem duit, hati2 banget. Ujung-ujung ga bisa bayar…..bayar pakai tubuh di kamar loe…..

 

- Don't fight, soalnya  kalau berkelahi/fight 2- 2 nya dipulangin, no excuse mau loe yang benar juga Pulang!!. Ingat kalau ada yang nge-FUck You agan itu udah tergolong harasment (pelecehan) lapor ke crew purser bilang "somebody doing harasment to me, he said Fuck to me". itu kalau istilahnya nggak kenal satu sama lain,. tapi kadang kalau udah saling kenal si biasa aja suka saling nge fuck nge fuck gitu. ini misalnya hari pertama agan buat salah trus temen dari negara lain bilang FUck you...lapor aja. biar besok2 gak gitu lagi. issue harasment sangat diperhatikan di kapal.

 

- se sampai di kapal, cari orang indo yg udah senior yang udah bangkotan di kapal, lu temenin dah itu orang, tp cari yang bagus-bagus jangan pula yang mafia. Buat Crew wanita yang baru juga hati2…kadang ada buaya yang Cuma manfaatkan aja.

 

- Buat agan yang pertama berangkat aku sangat menyarankan gaji setengahnya atau lebih dikirim ke indo setengah di pegang. ga perlu dijelasin pasti udah tau manfaatnya. caranya bikin surat ke purser (hrd kapal) kasi no rek indo ama bank swift codenya.

Atau bisa saat di port bisa ke Money Gram buat kirim uang.

 

- Buat Fucker save your money khususnya kalo kapal lu nyampe di rio (brazil), rusia (odessa, yalta, st petersburg), spain (barcelona), Belanda (red square). Be Wise terhadap burung lu, ucok lu,....jgn ampe kena penyakit.

 

- Kalo pas turun ke darat jalan jalan hati hati ama pickpocket/copet, pickpocket itu pencuri yg pura2 nabrak trus dompet lu udah pindah aja. hati hati juga scamer. Scamer ini pura pura polisi nanya pasport pas udah dia pegang kalian diminta ikut ke office. bukannya ke office malah ke tempat sunyi trus siap siap dipalak.

 

Simulasi

Simulasi disini maksudnya untung rugi kalau naik kapal dilihat dari sisi finansial.

Ingat ini hanya estimasi rata-rata bahkan bisa lebih kalau job posisi nya enak.

 

Kontrak Pertama (8 bulan - umumnya)

Biaya sertifikat : Rp 4 Jt

Medical : RP 1,7 Jt

Admin : Rp. 5 Jt an

Ticket Rp 20 jt an (ini hanya estimasi dari agent)

Total : Rp 30,7 jt ( bulatkan 32 juta krn ongkos sana sini dan akomodasi )

 

Salary Anda

Gaji pokok : USD 1000 X 8

Side job DLL : USD 100 X 8

Total : USD 8800

biaya selama di kapal (pulsa, makanan ringan, tour, oleh oleh, libido expenses dll) = USD 1000 (asumsi udah boros banget)

 

Total : USD 7800 (asumsi dollar @ 14000)

Total : Rp 109.200.000

Kalau bisa sisa di tabung ; Rp 78.500.000

Enaknya dibelikan tanah (investasi)

 

Kontrak Kedua (8 Bulan)

Biaya berangkat : kurang lebih Rp 7.000.000 krn ticket biasanya sudah di kirim dari kapal/perusahaan, Cuma urus admin, medical test dan visa saja.

Salary : USD 8800

karena udah tau celah jadi ga boros jadi cuma habis 500 dollar

sisa USD. 8300.

bawa pulang : Rp 116.200.000  ( Ingat di tabung )

dan kontrak-kontrak seterusnya.

 

Tapi ingat ya, ini dengan asumsi agan tidak dipulangin. Karena agan bisa dipulangin apa bila :

 

  1. Mengalami sakit keras, chicken fox (cacar), epilepsi, hernia (turun beroo), organ tubuh ada yg putus, butuh operasi dll.
  2. Melakukan kesalahan fatal (ngerokok di area yg bukan smoking area di kapal, mainin water tide door, melakukan harasment (ngeliat bule yg berjemur telanjang berlebihan apalagi sampe ambil foto, nidurin sesama crew ampe hamil) dll dll.
  3. Ketinggalan di port tertentu, kapal udah jalan, ente asik belanja..pas ke pelabuhan kapal udah jalan,..wasalam......
  4. Terlibat kriminal (judi, nyuri, membunuh, berkelahi dll)

 

Ada satu lagi istilahnya JUMP SHIP.

Jump ship biasanya dilakuin di amerika. jump ship ini maksudnya kita pegang pasport kita keluar trus ga balik ke kapal alias menetap di negara lain, ngk enak hidup seperti di kejar-kejar Imigrasi dan di anggap Kriminal. (hukumanya berat)

 

Penutup

Kalo anda udah terlanjur punya dokumen ya lanjut aja...BST, SID, seaman book segala macam,...ibarat basah mandi sekalian, cruiseline.id siap membantu,

tapi ini yg harus agan perhatikan :

1. Pastikan Basic Salary agan berapa, make sure itu basic salary not comission. karena di posisi agan agak beda dengan hotelier, ini berkaitan dengan poin yg berikutnya. Ini terbukti waktu mau tanda tangan kontrak, Di kontrak tertulis basic salary per month sekian dollar, tp kalo comission ya jangan mau.

2 Tujuan kapal itu kan satu ke tamu,.....menguras uang tamu sebanyak banyaknya tp dengan cara yg terhormatdan elegan, casino, fine dining dll

salah satu point di kontrak di semua kapal sama,...minta pulang sebelum habis kontrak harus bayar ongkos tiket sendiri, berikut denda2............wasalam,.........

 

soal makanan,..bukan masalah halal haram aja,...cocok ga cocok di perut juga jadi masalah,...makanan yang mengandung pork buat crew biasanya dikasi tanda...don't worry issue makanan halal haram itu sangat dijunjung tinggi. tiga kali cook nya ga kasi tanda pork dan ada orang yg ga bisa makan pork akhirnya makan krn ga da tanda,tiga kali kejadian bisa dipulangin tu cooknya.

 

MARLIN itu yaaahh TOEFL nya pelaut la.,..buat fotografer 7 - 7,5 biasanya requirenya, tp kapal rata-rata 6-7 sudah cukup...o ya ini ada yg gratis ada yg bayar...hari gene si kebanyakan gratis. kl pun bayar paling skitar 150-200 ribu. Pertanyaanya banyak seputar Kapal,...apa itu lifeboat liferaft lifebuoy mana aft bow middle dll dll....

 

 

 

Nah ini saya  dari Entry Level sampai Top Level……

Semua awal dari dasar…tapi kalau ngk tahu cara/rahasianya……percuma.

Mau tahu Rahasianya…..lewat Cruiseline.id saja…….